PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ILUSTRASI MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN NGANCAR

Muhammad Rosyid

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas menggambar sekaligus memperbaiki proses pembelajaran gambar ilustrasi melalui penggunaan metode inkuiri terbimbing pada siswa kelas IV SD N Ngancar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan berupa lembar
observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kreativitas menggambar ilustrasi siswa kelas IV melalui penggunaan metode inkuiri terbimbing. Persentase rata-rata pada prasiklus sebesar 63,2%, siklus I sebesar 75,2% dan pada siklus II menjadi 82,66%. Persentase ketuntasan pada prasiklus mencapai 40%, siklus I mencapai 60% dan pada siklus II
mencapai 87%. Peningkatan persentase rata-rata dari prasiklus ke siklus II sebesar 19,46%. Kualitas proses pembelajaran meningkat. Persentase aktivitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 63% menjadi 76,5% pada siklus II dengan kategori baik.

Kata kunci: kreativitas menggambar, gambar ilustrasi, metode inkuiri terbimbing

Abstract

This research aims at improving the creativity drawing and improve the learning process through the use of guided inquiry method in class IV SD N Ngancar. This research was classroom action research. Subjects in this research were 15 students of class IV, consisting of 9 male and 6 female students. Instruments used in the form of observation sheets and documentation. Data were analyzed by
quantitative descriptive. The results show that there is an increase in creativity drawing illustration class
IV students through the use of guided inquiry method. The average percentage of pre cycle amounted to
63.2%, the first cycle is 75.2% and the second cycle into 82.66%. The percentage of completeness in pre
cycle reached 40%, reaching 60% the first cycle and the second cycle reached 87%. The average
percentage from pre cycle to the second cycle is increase 19.46%. The quality of the learning process
also increase. The percentage of student activities is increase from the first cycle 63% to 76.5% in the
second cycle which is good.
Keywords: creativity drawing, illustrations, guided inquiry method


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.