PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PERMAINAN PAPAN MEMORI DALAM PEMBELAJARAN IPS

Maulana Priyahardanta

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model permainan Papan Memori untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SD N Suryodiningratan 2 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan model permainan Papan Memori dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V dalam pembelajaran IPS. Pada siklus I rata-rata persentase indikator keaktifan siswa adalah 75,33% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 7,19% menjadi 82,52%. 2) Keunggulan model permainan Papan Memori dalam pembelajaran IPS yaitu siswa lebih aktif dan pembelajaran IPS lebih menyenangkan. 3) Kendala model permainan Papan Memori dalam pembelajaran IPS yaitu siswa belum terbiasa dengan model permainan Papan Memori dan waktu diskusi kurang.

 

Kata kunci:  permainan Papan Memori, keaktifan siswa

 

Abstract

The purpose of this research is to know the application the Memory Board Game model to improve the students activities in Social Studies learning in class V SD N Suryodiningratan 2 Yogyakarta. This type of research was Classroom Action Research. The techniques of data collection were observation, interview and documentation. Data analysis techniques used the qualitative and quantitative descriptive. Research results show: 1) The application of Memory Board Game model can increased the students activities in Social Studies learning of class V. In the first cycle, the average percentage of students activities indication is75.33% and increase in the second cycle of 7.19% to 82.52%. 2) The advantage of Memory Board Game model are students more active and Social Studies learning more fun. 3) The Constraint of Memory Board Game model in learning the Social Studies are students unfamiliar with the model and less time in discussion session.

Keywords: Memory Board Game, students activity


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.