PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SUB POKOK BAHASAN PERBANDINGAN DAN SKALA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MAJIR

Tryani Nurtika

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika menggunakan metode pembelajaran matematika realistic pada siswa kelas V SD N Majir. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Desain penelitian ini menggunakan model spiral.Penelitian ini terdiri atas 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelasV SD N Majir yang berjumlah 32 anak.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi.Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa lembar soal uraian dan lembar observasi siswa dan guru.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menghitung persentase ketuntasan belajar siswa.Analisis data kualitatif dilakukan dengan mendeskripsikan kegiatan aktivitas siswa dan guru.Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan.Sebelum adanya tindakan, siswa yang tuntashanya 11 anak atau sebesar 34,37 %, padasiklus I jumlahsiswa yang tuntas meningkat menjadi 19 anak atau sebesar 59,38% dan pada siklus II menunjukkan bahwa 32 anak secara 100% sudah memenuhi KKM. Untuk aktivitas belajar siswa padasiklus I diperoleh persentase sebesar 60,46% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,18%.
Kata Kunci: perbandingan dan skala, metodepembelajaran matematika realistik,SD N Majir
Abstract This research aims to improve mathematics achievement realistic mathematics teaching method in grade V SD N Majir. This type of research is the Classroom Action Research (CAR). The study design used the spiral model. This study consists of four steps: planning, action, observation, and reflection. The subjects were students of class V SD N Majir totaling 32 children. This study was conducted in two cycles. Implementation of each cycle were calculated using realistic mathematics learning in mathematics learning material scale and comparison. Collecting data in this study using the test method and observation. The research instrument used was a sheet about the description and observation sheet of students and teachers. Data analysis techniques used in this research was done by using qualitative data analysis and quantitative data analysis. Analysis of quantitative data is done by calculating the percentage of students' mastery learning. Qualitative data analysis is done by describing the activities of the activities of students andteachers.The results showed that student achievement increased. Prior to the action, students who completed only 11 children, or by 34.37%, in the first cycle the number of students who pass increased to 19 children or by 59.38% and in the second cycle showed that 32 children in 100% meets the KKM. For student learning activities in the first cycle obtained a percentage of 60.46% and in the second cycle increased to 82,18%.
Keywords: comparison and scale, realistic mathematic method, elementary school state majir


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.