HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEER ACCEPTANCE DENGAN PRESTASI BELAJAR

Astri Prastiwi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar, hubungan peer acceptance dengan prestasi belajar, hubungan motivasi belajar dan peer acceptance dengan prestasi belajar, besarnya sumbangan motivasi belajar terhadap prestasi belajar, besar sumbangan  peer  acceptance terhadap prestasi belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 128 siswa yang diambil dari 10 Sekolah Dasar yang ada di gugus Yos Sudarso, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji hipotesis menggunakan korelasi sederhana dan korelasi hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa dengan sumbangan sebesar 23,3%. Kedua,terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peer acceptance dengan prestasi belajar dengan sumbangan sebesar 24,4%. Ketiga,terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan peer acceptance dengan prestasi belajar siswa dengan sumbangan sebesar 27,41%.

Kata kunci : motivasi belajar, peer acceptance, prestasi belajar.


Abstract

The research aims at knowing the correlation between motivation and the students’ achievement, correlation between peer acceptance and students’ achievement, correlation between motivation and peer acceptance and students’ achievement, the influence’s percentage of motivation toward student’s achievement, the influence’s percentage of peer acceptance toward students’ achievement. The subjects were 128 of grade IV students from 10 elementary schools of Yos Sudarso group, Ngadirojo district, Wonogiri regency. The instruments used for collecting data were scale and documentation. The research show: first, there is a positive and significant correlation between motivation and achievement with the percentage 23,3%, second, there is a positive and significant correlation between peer acceptance and achievement with percentage 24,4%, third, there is a positive and significant correlation between motivation and peer acceptance and achievement with the percentage 27,41%

Keywords: Motivation, peer acceptance, achievement.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.