MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V

Wildan Amirudin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan Tindakan Kelas kolaboratif menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Sekarsuli pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian yakni siswa kelas V SD Negeri Sekarsuli yang terdiri dari 20 siswa. Objek penelitian yakni aktivitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik mencatat mind mapping dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase aktivitas siswa sebesar 50%  (siklus I 45%, siklus II 95%).

Kata kunci: Aktivitas belajar siswa, mind mapping

Abstract

This research aims at improving the student's learning activity. This research was a collaborative classroom action research with Kemmis and Mc Taggart model. This research was conducted in SD Negeri Sekarsuli on second semester in the academic year of 2015/2016. The subject of this research was the fifth grade students in SD Negeri Sekarsuli consisted of 20 students. The object of this research was the students' learning activity. The data was collected with observation and documentation. The quantitative data was analyzed using quantitative descriptive technique, and the qualitative data was analyzed using qualitative descriptive technique. The research's result shows that the application of using mind mapping for taking note increases student's learning activity. This is proved by the rising of student's learning activity persentage that is 50% (45% in cycle I, 95% in cycle II).

Keywords: Student's learning activity, mind mapping


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.