PENINGKATAN KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MIND MAPPING SISWA KELAS V SDN JOMBLANGAN

Sulis Nur Azizah

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar IPA dengan menerapkan metode mind mapping siswa di kelas V SDN Jomblangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 32 siswa di kelas V SDN Jomblangan. Instrumen penelitian ini adalah lembar angket yang digunakan untuk mengukur konsentrasi belajar siswa, tes pilihan ganda yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi yang digunakan untuk mengamati siswa dan guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menerapkan metode mind mapping. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Jomblangan. Peningkatan tersebut dapat dilaksanakan melalui modifikasi tindakan berupa penyampaian materi dengan metode mind mapping yang dimodifikasi, tanya jawab materi dengan melibatkan siswa secara akif, membuat dan mengkreasikan bentuk mind map dengan didampingi guru dan peneliti, mempresentasikan hasil mind map siswa dengan cara memilihnya secara acak, serta melakukan refleksi pembelajaran dengan melibatkan siswa pada akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil angket dan observasi, konsentrasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan kriteria “tinggi”. Pada pra tindakan, jumah siswa yang mendapatkan skor konsentrasi belajar ≥76 ada 7 siswa (21,9%). Pada siklus I, meningkat menjadi 15 siswa (46,9%), dan pada siklus II meningkat menjadi 32 siswa (100%). Selanjutnya, data hasil belajar pada pra tindakan, yaitu jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥75 (KKM) ada 13 siswa (40%). Pada siklus I, meningkat menjadi 22 siswa (68,7%), pada akhir siklus II, meningkat menjadi 32 siswa (100%).
Kata kunci: konsentrasi belajar, hasil belajar, mind mapping
Abstract
This study was aimed to know and to improve of concentration and science learning outcomes trough mind mapping method in grade of Jomblangan Elementary School. The kind of this study was class action research where the subject of the study was 32 students in grade of Jomblangan Elementary School. The instruments in this study were questionnaire sheet which used to measure the students learning concentration, objective test to measure studenst learning outcome and observation sheets was used to observing the students and teacher in the implementation of science lesson trough mind mapping method. The data analysis in this study were descriptive qualitative and quantitative analysis.Based on the study showed that lesson through mind mapping method could improving concentration and student learning outcomes at Jomblangan Elementary School. The improvement could be implemented through a modification of the form of action: the delivered learning material to the modified method of mind mapping, question and answered material involved students active, created a mind map form with teachers and researcher’s guidence, students presented the results of a mind map by random selected, and the reflection in the end of lesson. Based on the study of questionnaires and observation, the student learning concentration had increased with " high "criteria. In the pre-action, the students who got a score ≥76 were 7 students (21.9%). In the first cycle, improved to 15 students (46.9%), and the second cycle improved to 32 students (100%). Besides, in the pre-action learning outcomes, the students who got a score ≥75 (KKM) were 13 students (40%). In the first cycle, improved to 22 students (68.7%), at the end of the second cycle, improved to 32 students (100%).
Key words : students learning concentration , learning outcomes , mind mapping


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.