PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA SISWA KELAS I SD NEGERI KAPUKANDA

Nisa Liya Dieni

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan
melalui metode global dan untuk meningkatkan hasil keterampilan membaca permulaan siswa melalui metode
global. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif partisipatif. Subyek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Kapukanda berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 11 siswa
perempuan dan 4 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua
pertemuan Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran membaca permulaan melalui metode global dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan
siswa kelas I SD Negeri Kapukanda. Peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa ditunjukkan oleh
peningkatan nilai rata-rata kelas dari pratindakan yaitu 66, setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata
kelas menjadi 70,3, pada siklus II nilai rata-rata kelas yaitu 76,3 dan pada siklus III nilai rata-rata kelas yaitu 82.
Kata Kunci : keterampilan membaca permulaan, metode global
Abstract
This research aims to improve the implementation process of learning to read the beginning of the students
through a global method. This research is a classroom action research conducted collaboratively participatory.
Subjects in this study were students of class I SD N Kapukanda total 15 student consisting of 11 girls and 4 boys.
This research was conducted in two cycles. Each cycle consists of two meetings. Data was collected with
observation, tes and documentation. Data analysis technique used is descriptive quantitative data analysis. Based
on the results of this study concluded that learning to read the beginning through the Global method can improve
the reading skills of students beginning Kapukanda Elementary School first grade. Improved Early reading skills of
students is shown by the increase in the average value of pre action class of 66, after the action on the first cycle
class average value to 70.3, the second cycle of the average value of the class is 76.3 and the third cycle the
average value of the class is 82.
Keywords: beginning reading skills, global methods


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.