PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN WUNUT , TULUNG, KLATEN

Lilik Kusnianingsih

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar IPS menerapkan
metode simulasi pada siswa kelas V SDN Wunut, Tulung, Klaten. Jenis penelitian adalah
penelitian tindakan kelas dengan desain mengadopsi dari Stephen Kemmis dan Mc.
Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sejumlah 27 orang.. Tehnik
pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data analisis secara
deskriptif-naratif. Penerapan metode simulasi melalui tiga tahapan yaitu tahap
persiapan,tahap pelaksanaan/tindakan simulasi,dan tahap penutup/evaluasi dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Dengan penerapan metode simulasi siswa
yang berpartisipasi aktif maupun siswa yang pengamat aktif dapat mengembangkan
imajinasi, membentuk kekompakan kelompok, siswa tidak malu dan ragu untuk
mengembangkan potensi. Meningkatnya hasil belajar dapat dibuktikan dengan
peningkatan kualitas pada ranah kognitif dari tes sebelum tindakan sebesar 65.59
meningkat menjadi 70.15 pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi
70.48. Sedangkan pada ranah afektif dari siklus I 67 meningkat menjadi 77 pada siklus II.
Kata kunci: metode simulasi, hasil belajar IPS, siswa SD
Abstract
This research aims to improve learning performance of Social Studies subjects
through simulation method of fifth class students at SDN Wunut Tulung Klaten. This is a
Classroom Action Research according to Stephen Kemmis and Mc. Taggart model. The
subject research is the fifth class students with a total of 27 students. The data collecting
technique used was observation, test, and documentation. Data analysis technique used
was narrative-descriptively analyses. The implementation of simulation method consisted
of three stages namely preparation, simulation acting, and evaluation. The
implementation of simulation method the active students and the observer students can
improve imagination, performing group compacts, and performing the potential
improvement of the students. The learning performance improvement can be evidenced by
cognitive quality improvement from the pre-test with the value of 65,59 reached 70,15 of
Cycle I and 70,48 of Cycle II . The affective terms the value gained 67 of Cycle I became
77 of Cycle II.
Key word : simulation method,social studies learning result, Elementary school Student


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.