PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KAMUS SAKU UNGGAH-UNGGUH BASA JAWA KELAS IV SDN TAMBAKREJO PURWOREJO

Setyo Nugroho

Abstract


Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran kamus saku unggah-ungguh basa Jawa sebagai media pembelajaran bahasa Jawa kelas IV di SD N Tambakrejo, Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian ini adalah research and development. Model penelitian yang digunakan adalah model Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Tambakrejo Purworejo. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Instrument penelitian diuji menggunakan validitas isi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menghasilkan produk kamus saku unggah-ungguh basa Jawa yang secara kuantitatif dan kualitatif sangat baik untuk pembelajaran unggah-ungguh basa Jawa. Secara kuantitatif, penilaian dari ahli materi dan ahli media masing-masing adalah 4,8 dan 4,1. Sementara itu, penilaian yang diberikan siswa pada tahap uji lapangan terbatas, uji lapangan lebih luas, dan uji lapangan operasional masing-masing adalah 4,6; 4,7; dan 4,7. Ketiga penilaian tersebut menunjukkan bahwa media kamus saku sudah sangat baik dari segi materi dan dari segi media. Secara kualitatif, media kamus saku telah memenuhi syarat media pembelajaran yang baik, di antaranya meningkatkan motivasi belajar siswa, dan merangsang siswa untuk mengingat materi unggah-ungguh basa Jawa. Kata kunci: kamus saku, unggah-ungguh basa Jawa, kelas IV SD Abstract This study aimed to develop unggah-ungguh pocket dictionary as Javanese lesson instrument of fourth grade students of Tambakrejo Elementary School, Purworejo, Central Java.The kind of this study is research and development (R&D). The model was used in this study is Borg and Gall modeling. Subject in this study is all of fourth grade students in Tambakrejo Elementary School, Purworejo. The data collecting was using quesioner, observation, and interview. The instrument to collect data was tested by content validity. The data analysis of this study was using quantitative descriptive and qualitative descriptive.The result of this study is product unggah-ungguh Javanese pocket dictionary, which quantitatively and qualitatively very good to unggah-ungguh Javanese lesson. As quantitatively, judgment by content expert is 4,8, and by instrument expert is 4,1. Beside that, the evaluation given by students when boundless field testing is 4,6, then more wide field testing result 4,7, and operational field testing resulting 4,7. All three testing show that pocket dictionary is very good of this content and instrument. As qualitatively, pocket dictionary instrument is already completing the qualification of good lesson instrument, that infere it can increasing study motivation, and stimulating students to recall the lesson of unggah-ungguh of Javanese. Key word: pocket dictionary, Unggah-ungguh Javanese, fourth grade students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.