PELAKSANAAN ASSESSMENT PEMBELAJARAN IPS KELAS V OLEH GURU DI SD GUGUS BINTANG KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Selia Wahyu Kaeksi

Abstract




Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pelaksanaan assessment pembelajaran IPS dan hambatanhambatan
yang dihadapi oleh guru kelas V di SD gugus Bintang dalam melaksanakan assessment pembelajaran
IPS. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru
kelas V di SD gugus Bintang yang berjumlah tujuh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) observasi, 2)
wawancara, dan 3) dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman
menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti penggunakan
trianggulasi teknik untuk menganalisis informasi yang diperoleh.Hasil penelitian menunjukan bahwa
pelaksanaan assessment di tiga SD sudah melaksanakan assessment dengan cukup baik karena sudah
mencakup tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik, dan empat SD belum mengassessment
pembelajaran IPS dengan baik karena ada beberapa aspek yang belum diassessment. SD yang sudah
melaksanakan assessment pembelajaran pada tiga ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah
psikomotorik ada tiga SD yaitu SDN Tempurejo 1, SDN Prajegsari 1, dan SDN Tugurejo. Ada dua SD
yang belum melaksanakan assessment aspek penerapan pada ranah kognitif. SD tersebut adalah SDN
Prajegsari 2 dan SDN Bawang. Sedangkan SD yang belum melaksanakan assessment aspek organisasi
pada ranah afektif ada dua SD yaitu SDN Tempurejo 2 dan SDN Jogomulyo. Sedangkan hambatan dalam
pelaksanaan assessment pembelajaran IPS ranah kognitif di SDN Prajegsari 1, SDN Prajegsari 2, SDN
Jogomulyo, dan SDN Bawang, guru tidak menggunakan rubrik penilaian untuk menilai soal esai. Dan di
SDN Bawang guru belum menemukan cara untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa; ranah
afektif yaitu semua SD di Gugus Bintang belum menggunakan daftar checklist untuk mengassessment
perkembangan masing-masing siswa; ranah psikomotorik yaitu di SDN Tempurejo 2, SDN Prajegsari 1,
SDN Tugurejo, SDN Jogomulyo, dan SDN Bawang, guru tidak menggunakan rubrik penilaian untuk
menilai gambar yang siswa buat.
Kata kunci: Assessment Pembelajaran IPS
Abstract
The research aimed to know the implementation of social study assessment and the obstacles in assessing
on 5th elementary school grader by the teachers in Bintang cluster. The research was descriptive research
with qualitative approach. The subject of the research were 5th grade teachers of Bintang cluster. The data
were collected using observation, interview, and documentation. It analyzed by using Mileas and
Huberman interactive model technique, which contained of data reduction, data display, and conclusion.
The researcher used triangulation technique to analyze the information. The result of the research showed
that the implementation of social study showed that the implementation of assessment at three elementary
school was moderately good because it covered three domains, ie. Cognitive, affective, and psychomotor
domains, were three elementary school, namely SDN Tempurejo 1, SDN Prajegsari 1, and SDN
Tugurejo. Two elementary school did not implement assessment in the application aspect in the cognitive
domain. The two school were SDN Prajegsari 2 and SDN Bawang. Meanwhile, the elementary schools
that did not implement assessment in the organization aspect in the affective domain were two elementary
schools, namely SDN Tempurejo 2 and SDN Jogomulyo. The constraint in the implementations of social
studies learning assessment in the cognitive domain at SDN Prajegsari 1, SDN Prajegsari 2, SDN Jogomulyo, and SDN Bawang was that teachers did not use scoring rubrics to assess essay tests. At SDN
Bawang the teacher did not find away to improve students’ memory skill. In the affective domain, all
elementary schools of Gugus Bintang did not use checklists to assess the development of each student. In
the psychomotor domain at SDN tempurejo 2, SDN Prajegsari 1, SDN Tugurejo, SDN Jogomulyo, and
SDN Bawang, teachers did not use assessment rubrics to assess pictures that the students drew.
Keywords : Social Studies Learning Assessment

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.