MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI INDEX CARD MATCH SISWA KELAS II SDN MINOMARTANI 6 SLEMAN

Khairul Cahyaningrum

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa melalui model pembelajaran aktif tipe Index Card Match pada siswa kelas II SD Negeri Minomartani 6 Sleman Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan Penelitan Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) dengan model spiral Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tahap perenanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Minomartani 6 Sleman Yogyakarta yang berjumlah 28 siswa.Objek penelitian ini adalah peningkatan kecerdasan kinestetik.Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Instrumen penilaian yang digunakan berupa lembar observasi dan pedoman pengamatan kinestetik siswa.Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan mencari rerata hasil kinestetik siswa setiap siklus. Rerata hasil kinestetik siswa tersebut dideskripsikan dengan menggunakan model alur yang terdiri dari proses pengumpulan data, pengolahan data dan kesimpulan.
Hasil rata-rata kinsetetik siswa pada Siklus I adalah 18,64%. Sedangkan, pada siklus II meningkat menjadi 88,78 %. Jadi, model pembelajaran aktif tipe Index Card Match dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik pada siswa kelas II SD Negeri Minomartani 6 Sleman Yogyakarta.
Kata Kunci: kecerdasan kinestetik, model pembelajaran aktif, Index Card Match
Abstract
This research aimed to improve the kinesthetic intelligence students through active learning model type Index Card Match in second grade students of SDN Minomartani 6 Sleman Yogyakarta.
This research is a Class Action Research (Clasroom Action Research) in a spiral model from Kemmis and Taggart comprising the steps of planning, implementation, observation and reflection. The subjects were second grade students of SDN Minomartani 6 Sleman Yogyakarta totaling 28 students. The object of this research is to increase kinesthetic intelligence. Collecting data in this research using the method of observation, interviews, and documentation. Assessment instruments used in the form of observation and observation guidelines kinesthetic students. The data analysis techniques used arequantitative descriptive analysis technique and qualitative descriptive analysis technique, by finding the average results of kinesthetic students each cycle. The mean results of the student kinesthetic described by using a model consisting of a process flow of data collection, data processing and conclusions.
The average yield kinestheticstudents in first cycle is 18.64%. Whereas, in the second cycle increased to 88.78%. Thus, active learning model types can increase the Index Card Match kinesthetic intelligence in second grade Elementary School of Minomartani 6 Sleman Yogyakarta.
Keywords: kinesthetic intelligence, active learning model, Index Card Match

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.