PERBEDAAN KETERAMPILAN PROSES IPA SISWA PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN STM

Fredy Purnomo Aji

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses IPA siswa kelas IV yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dan STM dalam pembelajaran tematik integratif kelas IV SD Negeri Jageran. Desain penelitian ini adalah pre experimental design type static group pretest-postest design yang menggunakan kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV. Kelas IVA diberi perlakuan pendekatan saintifik dan kelas IVB diberi perlakuan pendekatan STM. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dengan membandingkan perhitungan rata-rata post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan proses IPA pada siswa kelas IV yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dan STM dimana rata-rata kelompok eksperimen 2 sebesar 18,09 (75%) lebih tinggi dari kelompok eksperimen 1 sebesar 15,65 (65,2%). Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa pendekatan STM lebih baik dalam mengembangkan keterampilan proses IPA siswa dibanding dengan pendekatan saintifik. Kata kunci: keterampilan proses IPA, pendekatan saintifik, STM Abstract This research aimed to know differencess of science process skills in thematic integrative on grade 4th SD Negeri Jageran between scientific and STS. The design of the research was pre experimental design type static group pretest-postest design use two eksperiment group. The first experiment group treatment was scientific approach, while the second experiment group was STS approach. The population of the research was all of the student of 4th grader. The data collection techniques were observation and documentation. The instruments of the research was observation sheet. The data analyzed using descriptive statistic with comparing the mean of posttest from the first and second experiment group. The result of the research showed there was difference science process skill where the mean of second experiment group was higher than the first experiment group. It can be seen from the mean of second experiment group posttest was 18,09 (75%) and the mean of first experiment group posttest was 15,65 (65,2%). The result showed that STS approach was better to develop science process skills than scientific approach. Key Words: science process skills, scientific approach, STS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.