MANAJEMEN KELAS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN DANUREJAN YOGYAKARTA

Dheni Purwanti

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kelas oleh guru kelas V di sekolah dasar negeri se-kecamatan Danurejan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sekolah dasar negeri se-kecamatan Danurejan Yogyakarta yang berjumlah 162. Ukuran sampel sebanyak 115 responden yang ditentukan dengan menggunakan tabel Krejcie Morgan. Pengambilan anggota sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Pelaksanaan pengumpulan data menggunakan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen kelas oleh guru kelas V sekolah dasar negeri se-kecamatan Danurejan Yogyakarta sudah baik (termasuk dalam kategori tinggi).
Kata kunci: manajemen kelas, sekolah dasar.
Abstract
This research aims to investigate the implementation of classroom management by fifth grade teacher in the state elementary schools in Danurejan district of Yogyakarta. This research is quantitative. The population of this research is all Elementary School fifth grade students in Danurejan district of Yogyakarta, which totaled 162 students. The sample size of 115 respondents was determined using the Krejcie Morgan table. Intake of sample members with proportional random sampling technique. Methods of data collection using questionnaires that have been tested for validity and reliability. The data analysis technique used in this research using descriptive statistical analysis techniques. The results showed that the implementation of the management class by fifth grade teachers in the state elementary schools in Danurejan district of Yogyakarta was good (included in the high category).
Keywords: classroom management, elementary school.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.