PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS II KECAMATAN PAKEM

Agus Purwanto

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat efikasi diri siswa, (2) tingkat perilaku menyontek siswa, dan (3) pengaruh efikasi diri terhadap menyontek. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri se-gugus II Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman berjumlah 152 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri dan skala menyontek yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat efikasi diri siswa kelas V SD Negeri se-gugus II Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman tahun ajaran 2014/2015 berada pada kategori sedang ditunjukkan dari persentase hasil penelitian, 9% siswa kategori efikasi diri tinggi, 80% siswa kategori efikasi diri sedang, dan 11% siswa kategori efikasi diri rendah, (2) Tingkat menyontek siswa kelas V SD Negeri se-gugus II Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman tahun ajaran 2014/2015 berada pada kategori sedang ditunjukkan dari presentase hasil penelitian yaitu 17% siswa kategori menyontek tinggi, 62% siswa kategori menyontek sedang, dan 21% siswa kategori menyontek rendah, (3) Terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara efikasi diri terhadap perilaku menyontek siswa kelas V SD Negeri Se-gugus II Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman tahun ajaran 2014/2015. Terbukti dari nilai koefisien beta yang negatif sebesar -0,216 dan nilai sig = 0,007 < taraf kesalahan 5% = 0,05. Kata Kunci: efikasi diri, perilaku menyontek. Abstract This study aims to determine: (1) self-efficacy level of students, (2) cheating behavior level of students, and (3) the effect of self-efficacy toward cheating behavior. This study is an ex-post facto research with quantitative approach. Subjects were all students of 5th at the primary states-group II Pakem District amounted to 157 students. Data collection is using self-efficacy scale and cheating scale that has been tested for validity and reliability. Data analysis is using simple regression with the help of SPSS 16. The results has shown that: (1) self-efficacy level of fifth grader students throughout the group II Pakem Sleman academic year 2014/2015 are in the moderate category which is shown on the percentage of the research, 9% of students with high self-efficacy, 80% of students with moderate self-efficacy, and 11% of students with low self-efficacy, (2) Cheating level of fifth grader students throughout the group II Pakem Sleman academic year 2014/2015 are in the moderate category which is shown on the research result percentage which is 17% of the students are high cheating category, 62% of students are moderate cheating category, and 21% of the students are low cheating category, (3) There is a negative and significant effect of self-efficacy toward cheating behavior of fifth grades students group II Pakem District of Sleman academic year 2014/2015. Proven from negative beta coefficient of -0.216 and sig = 0.007 <5% error level = 0.05. Keywords: self-efficacy, cheating behavior.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.