PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PECAHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS V SDN 3 GRENGGENG

Sofiana Sofiana

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dalam pembelajaran operasi hitung bilangan pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 3 Grenggeng, Karanganyar, Kebumen. Dalam penelitian ini pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik yang akan dilaksanakan yaitu menggunakan masalah kontekstual dengan bantuan media benda nyata berupa kue jenang dan model alat peraga berupa plastisin dan kertas pecahan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Grenggeng yang berjumlah25siswadan guru kelas V. Obyek penelitian adalah hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan menggunakan pembelajaran matematika realistik. Untuk menguji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas konstrak dengan menggunakan pendapat ahli (experts jugdement). Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika menggunakan pendekatan matematika realistik adalah 62.92 padasiklus I, dan meningkat lagi menjadi
70.32 pada siklus II. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar hanya 54,29% meningkat menjadi 75,68% pada siklus II.
Kata kunci: hasil belajar, matematika, pembelajaran matematika realistik.
Abstract
The purpose of this research is to improve the fraction number operation by using realistic mathematics education approach to fifth grade in SD Negeri 3 Grenggeng, Karanganyar, Kebumen. In this research learning using mathematic realistic education approachis is using a real problem with helped a real things kuejenang and models things is plastisin and fraction papers. The kind of research is class action research. Subject the research is fifth grade student in Sekolah Dasar Negeri 3 Grenggeng which consist of 25 students. Object of this research is the result of students learning about fraction number operation using realistic mathematics approach. This research using constract validity according (experts Judgement) for examine the validity of instrument. Data result of the research, found by observation and result of study test. Data found, analyzed by descriptive quantitative and descriptive qualitative. The result of the research showed that students average result is62,92. on first cycle, and increase to be 70,32 on second cycle. 60,in first cycle students result 54,29%, and increase to be 75,68% on second cycle.
Keyword : study result, mathematic, realistic mathematics education approach

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.