PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 3 GRENGGENG

Novia Purnamasari

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis karangan narasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui pendekatan CTL dan meningkatkan hasil pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi melalui pendekatan CTL pada siswa kelas V SD Negeri 3 Grenggeng, Karanganyar, Kebumen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Peneliti menggunakan model penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 3Grenggeng yang berjumlah 25 siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Untuk menguji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas konstrak dengan menggunakan pendapat ahli (experts judgment). Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Proses pembelajaran pada siklus I guru menerapkan pendekatan CTL. Pada siklus I keterampilan menulis karangan narasi siswa mengalami peningkatan dari hasil pra siklus nilai rata-rata siswa sebesar 64,84 meningkat menjadi 66,16. Pembelajaran pada siklus II guru menerapkan pendekatan CTL dipadukan dengan diskusi kelompok. Siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 75,16. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar hanya 54,29% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi.
Kata kunci: keterampilan menulis narasi, bahasa Indonesia, pendekatan CTL
Abstract
This research aims to improve the learning process of writing a narasi’s composition in learning Indonesian CTL approach and improve learning outcomes coral narrasi’s composition writing skills through CTL approach in SD Negeri 3 Grenggeng, Karanganyar, Kebumen. This research type is Classroom Action Research (CAR).Researchers used a class actiom research developed by Kemmis and Mc. Taggart which includes the step of planning, action,observation, and reflection. The subject were students class V totaling 25 students. Action research was conducted in two cycle, cycle I consists of three meeting and cycle II of two meeting. The data collection techniques using test and observation. The data collection instrument use student achievement test and observation sheet. To test the validity using expert judgment. Descriptive analysis techniques using quantitative descriptive and qualitative descriptive. Learning process in cycle I teacher CTL approach. In the first cycle of narasi’s composition writing skills of students has increased from the pre cycle average scores of students at 66,16. Learning on cycle II teachers applying CTL approach combined with group discussions. Cycle II average scores of students increased to 75,16. In cycle I students who pass the study only 54,26% increased to 100% in the cycle II. From the results of these studies indicate that CTL approach can improve narasi’s composition writing skills.
Keyword: Writing skill narasi’s composition, Indonesian language, CTL approach

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.