PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SD NEGERI 1 POGUNG KECAMATAN CAWAS KABUPATEN KLATEN

Muhammad Kharits Ma’sum

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hambatan dalam pengelolaan perpustakaan di SD Negeri 1 Pogung Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Informan penelitian ini adalah pustakawan, kepala sekolah, dan guru.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.Uji kebsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa aspek pengelolaan perpustakaan masih memiliki banyak kekurangan seperti gedung yang belum memenuhi syarat, peralatan dan perlengkapan yang belum lengkap, koleksi bahan pustaka masih sedikit, pelayanan yang masih belum diawasi, dan belum adanya tata tertib perpustakaan yang jelas.Hambatan dalam pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar adalah fasilitas gedung atau ruangan yang kurang layak, koleksi buku yang masih terbatas, peralatan dan perlengkapan yang belum lengkap, dukungan orang tua yang minim, dan terbatasnya kuota bantuan yang diberikan pemerintah. Kata kunci: pengelolaan perpustakaan,sumber belajar, sekolah dasar Abstract This research was aimed to describe the implementation and the obstacles of library management in SD Negeri 1 Pogung Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten. This research used descriptive qualitative method. Informants of this research were librarian, head master, and teachers. The data collection technique used observation, interview, and documentation. The data was analysed with data reduction, data display, and conclusion. The examination of the validity of the data was done by resource triangulation and technique triangulation. The result showed that some aspects of the library management still have many lacks as the building hasn’t complied with a request yet, the equipments haven’t completed yet, the book collections were still limited, the service was not monitored well, and the regulation was not clear. The obstacles of the library management as a learning resource were the facilities of the building or the room were not proper, the book collections were limited, the equipments haven’t completed yet, the support from the parents of the student was minimum, and the quota of the aid from the government was limited. Keyword: library management, learning resource, elementary school

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.