MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS V SD NEGERI BRONGGANG

Setya Henriawan

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bronggang, Cangkringan Tahun Ajaran 2013/2014 melalui Pendidikan Matematika Realistik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bronggang, Cangkringan yang berjumlah 15 siswa. Objek penelitian adalah kemampuan memecahkan masalah matematika. Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Adapun kriteria keberhasilan penelitian tersebut ditandai dengan perolehan nilai rata- rata kelas ≥ 65 dan minimal 65% dari jumlah siswa mencapai KKM (65).Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Pendidikan Matematika Realistik pada materi jaring-jaring bangun ruang dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas V SD Negeri Bronggang, Cangkringan. Peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematika ditunjukkan oleh hasil tes. Pada pratindakan terdapat 13% (2 siswa) dari jumlah 15 siswa yang mencapai nilai di atas KKM. Hasil tes pada siklus 1 menunjukkan ada 60% (9 siswa) dari jumlah siswa yang mencapai KKM, sedangkan pada siklus 2 terdapat 80% (12 siswa) dari jumlah siswa yang mencapai KKM. Nilai rata-rata sebelum siklus sebesar 52,67, sedangkan pada akhir siklus 1 nilai rata-rata tes sebesar 68,67, dan pada akhir siklus 2 sebesar 71,53.
Kata kunci: kemampuan memecahkan masalah matematika, pendidikan matematika realistik
Abstract
This research was aimed to improve mathematical problem solving ability of students grade V of State Elementary School (SD Negeri) of Bronggang, Cangkringan 2013/2014 through Realistic Mathematics Education. This was a Classroom Action Research. The subjects were of students grade V of State Elementary School of Bronggang, Cangkringan numbered 15. The research object was mathematic problems solving ability. The data obtained with an observation and test. The observational data and test was analyzed descriptively statistic. The descriptive statistic analysis covered calculating class mean and student number that achieved KKM. The research successful criteria were marked by class mean gain ≥ 65 and minimum of 65% out of student number who achieved KKM (65).The research result showed that Realistic Mathematics Education used in geometry could improve ability to solve mathematical problems of students grade V of State Elementary School of Bronggang, Cangkringan. The improvement of mathematical problems solving ability was shown by test results. In the pre- action there was 13% (2 students of 15 students) who achieved the KKM. The test results in 1st cycle showed there
was 60% (9 students of 15 students) who achieved KKM, while in 2nd cycle there was 80% (12 students of 15 students) who achieved KKM. The mean before cycle was 52.67, while in the end of 1st cycle the test mean was
68.67 and in the end of 2nd cycle was 71.53.
Keywords: the ability to solve mathematical problems, realistic mathematics education

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.