PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS V SD SE-GUGUS PUREN SLEMAN

Retno Septiyaningtyas

Abstract



Abstrak
Penelitian ini dilakukan di SD se-Gugus Puren Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji tingkat kecerdasan emosi dan penyesuaian sosial, serta untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap penyesuaian sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yaitu siswa kelas V SD se-Gugus Puren Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta yang telah diambil secara proportional random sampling dengan jumlah siswa 155 orang. Instrumen yang digunakan berupa skala psikologi. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgmentdan uji reliabilitas dengan menggunakan koefisien alpha cronbach. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi.Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi terhadap penyesuaian sosial dengan nilai F hitung sebesar 112.548 (p<0,05). Untuk koefisien determinan R2 diperoleh hasil 0,420 yang berarti bahwa sumbangan efektif kecerdasan emosi terhadap penyesuaian sosial sebesar 42,0% dan sisanya 58,0% dipengaruhi oleh variabel lain. Dari hasil penelitian menyatakan kategorisasi tingkat kecerdasan emosi 0% siswa berada pada kategori rendah, 29,03% siswa kategori sedang, dan 70,97% siswa kategori tinggi. Kategorisasi tingkat penyesuaian sosial dinyatakan 0% siswa berada pada kategori rendah, 18,06% siswa kategori sedang, dan 81,94% siswa kategori tinggi.
Kata kunci:kecerdasan emosi, penyesuaian sosial, siswa sekolah dasar
Abstract This research was conducted in elementary school of Gugus Puren Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta. The purpose of this study is to assess the level of emotional intelligence and social adjustment, as well as to determine the effect of emotional intelligence to the social adjustment. This study used a quantitative approach. The research sample is fifth grade elementary school students of Gugus Puren Depok Sleman Yogyakarta Condongcatur who have taken proportional random sampling, the number of students 155 people. The instrument used a psychological scale. The validity test of the instrument using expert judgment and reliability testing using Cronbach alpha coefficien. Analysis of research data using regression analysis. The results show there is a positive and significant effect between emotional intelligence to the social adjustment of the calculated F value of 112.548 ( p < 0.05 ). Determinant coefficient R2 for the results obtained 0.420 which means that the effective contribution of emotional intelligence to the social adjustment of 42,0% and the remaining 58,0% is influenced by other variables. From the research stated categorization level of emotional intelligence 0% of students in the low category, the middle category was 29,03% students, and 70,97% higher category students. Categorization of social adjustment rate 0% of students expressed in the low category, 18,06% middle category student, and 81,94% higher category students .
Keywords: emotional intelligence, social adjustment, elementary student

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.