PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIBI (MINIATUR BUDAYA INDONESIA) TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV SD N KEPATIHAN

herlina ayu ariyanti

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran MIBI yang layak digunakan untuk subtema Keberagaman Budaya Bangsaku tema Indahnya Kebersamaan kelas IV SD.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pendidikan dan pengembangan atau yang biasa kita sebut R&D (Research and Development) dengan mengikuti prosedur dari Borg and Gall. subjek yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Kepatihan Purworejo. Tahapan penelitian meliputi tahapan pengembangan produk media, tahapan validasi ahli materi dan ahli media, dan tahapan uji coba produk. Tahapan uji coba produk terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap uji coba perorangan dengan jumlah subjek uji coba 7 siswa, tahap uji coba kelompok kecil dengan jumlah subjek uji coba 21 siswa, dan tahap uji coba operasional dengan jumlah subjek uji coba 35 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media MIBI layak digunakan sebagai media pembelajaran setelah melewati uji validasi tim ahli materi dan tim ahli media, serta melewati uji coba produk. Skor rata-rata yang diperoleh sebagai hasil validasi oleh kedua ahli materi adalah 4, termasuk dalam kategori "Baik". Skor rata-rata yang diperoleh sebagai hasil validasi oleh ahli media adalah 3,75 dan 3,625, termasuk dalam kategori "Baik". Skor rata-rata yang diperoleh sebagai hasil validasi praktisi adalah 3, 75 termasuk kategori "Baik". Hasil uji coba perorangan memperoleh skor rata-rata 3,55. Uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 3,66. Uji coba operasional memperoleh skor 3,77. Ketiga tahapan uji coba produk media yang menggunakan siswa sebagai subjek uji coba menyatakan bahwa media MIBI layak digunakan sebagai media pembelajaran subtema Keberagaman Budaya Bangsaku tema Indahnya Kebersamaan.
Kata kunci: Media MIBI, Tema Indahnya Kebersamaan, Siswa Kelas IV SD.
Abstract
This research’s goal is to developing the learning media of MIBI (Miniatur Budaya Indonesia) in the Indahnya Kebersamaan theme on 4th elementary school grader.
This research is research and development type with following Borg and Gall procedure. The research used 4th grader of Kepatihan Purworejo elementary school as the subject. The research phase is including media product development, media expert and material expert validation, and product tested. The product tested consisted of three phases, individual tested by 7 students, small group tested by 21 students, and operasional tested by 35 students. The data analyzed using qualitative and quantitative descriptive.
The research result showed that the MIBI is suitable to be used as learning media after going through validation test from material expert team, media expert team, and product tested. Mean score gotten by the material expert was 4, media expert as the validation result was 3,75 and 3,625, practician expert was 3, 75 which was in "good" category. Individual test got 3,55 mean score, small group tested got 3,66, and operational tested got 3,77. The three phase of developing learning media showed that MIBI is suitable to be used as learning media in Indahnya Kebersamaan theme, subtheme Keragaman Budaya Bangsaku
Keyword: MIBI media, Indahnya Kebersamaan theme, 4th grader of elementary school.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.