STUDI KASUS PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK YANG TINGGAL DENGAN ORANG TUA MENGALAMI HAMBATAN KEJIWAAN

Avianingsih Avianingsih

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan sosial pada anak yang tinggal dengan orang tua yang mengalami hambatan kejiwaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desain studi kasus dengan subjek siswa yang tinggal dengan orang tua gangguan jiwa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan melakukan triangulasi, bahan referensi, serta member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari hubungan teman sebaya, subjek merupakan anak yang tidak populer. Bagi sebagian anak, subjek masuk ke dalam kategori anak yang diabaikan. Namun bagi beberapa anak lain, subjek masuk ke dalam kategori anak yang ditolak. Dari aspek kegiatan bermain, subjek menyukai kegiatan bermain bersama kelompok. Akan tetapi subjek tidak memainkan permainan yang bersifat tim (kelompok). Kata kunci: perkembangan sosial, anak usia 7 tahun Abstract This research is aimed to describe about the social development 0f child who lived with parent with mental disorder. The research approach was descriptive qualitative design, case study with the research subject were those children who lived with theirs parents with mentality disorder. Data collecting method was observational technique, interview, and documentation. The data was analyzed through data reduction, data presentation, and generated a conclusion. Data validated with credibility test through triangulation, referensial, and also member check. The research results showed that among the peer group, the subject was unpopular. Some of his/her friends feel that the subject was ignored child. But some others friends categorized subject as unwanted child. About playing activity aspects, subject love group activities in playing, but he/she didn’t do such group activities. Keywords: social development, 7 years old children.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.