PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE SAS PADA SISWA KELAS I SD NEGERI TEGALREJO PURWOREJO

Marzuwqi Arsyad

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran membaca dan keterampilan membaca permulaan menggunakan metode SAS siswa kelas I SD Negeri Tegalrejo Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Peningkatan proses pembelajaran keterampilan membaca permulaan terlihat dari siswa yang dapat membaca dengan lancar, berani melakukan tanya jawab, dan lebih percaya diri untuk  bersaing membaca secara individu di depan kelas. Peningkatan nilai rerata keterampilan membaca siswa pada siklus I sebesar 8,2, yang kondisi awal 60,61 meningkat menjadi 68,81, dan pada siklus II meningkat sebesar 16,87, yang kondisi awal 60,61 meningkat menjadi 77,48.

Kata kunci: membaca permulaan, metode SAS, sekolah dasar

AbstractThis research aims at improving the proces of learning to read and early reading skills of first grade students of SDN Tegalrejo Purworejo using SAS method. The kind of this research was collaborative classroom action research used Kemmis and Mc Taggart model. The data collecting methods used test, observation, and documentation. The data analysis used descriptive statistics. The result shows an increase in the learning process of students early reading skills seen from students skill who can read fluently, brave to frequently ask questions, and more confidence to compete individually reading in front of the class. Improvement average score of early reading skills in 1st cycle that’s 8.2 point, the initial condition of 60,61 increase to 68,81 and the 2nd cycle average score improve to 16,87 points, the initial conditions of 60,61 increase to 77,48 points

Keywords: early reading, SAS method, elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.