PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis dan keterampilan menulis deskripsi menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri Wonosari IV Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan proses pembelajaran keterampilan menulis terlihat siswa lebih senang dan tertarik mengikuti proses pembelajaran, siswa lebih mudah memahami isi gagasan cerita, siswa lebih mudah menuangkan isi gagasan ke dalam bentuk tulisan, dan siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran menulis deskripsi. Peningkatan nilai rerata keterampilan menulis deskripsi pada siklus I sebesar 7,79, yang kondisi awal 63,84 meningkat menjadi 71,63 dan peningkatan nilai rerata keterampilan menulis deskripsi pada siklus II sebesar 14,84, yang kondisi awal sebesar 63,84 meningkat menjadi 78,68.
Kata kunci: menulis deskripsi, media audio visual, Sekolah Dasar
Abstract
This research aims at improving the process of learning to write and writing skills a description on V students of SDN Wonosari IV Gunungkidul by applying audio-visual media. The kind of this research was belong to collaborative classroom action research which was used Kemmis and Mc Taggart model. The data collecting method was carried on test, observation, and documentation. The data analysis that had been used descriptive statistics. The results shows increase in the learning process of students writing skills seen in more pleased and interested in the learning process, students more easily understand the content of the idea of the story, the students easier to pour the contents of ideas into written form, and students are more enthusiastic in participating in learning to write a description. Improvement average score of writing skills in 1st cycle that’s 7.79 points, the initial conditions of 63,84 increased to 71,63 and the 2nd cycle average score improve to 14.48 points, the initial conditions of 63,84 increased to 78,68 points.
Keyword: write a description, audio-visual media, Elementary School
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.