PENGARUH INTENSITAS MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS II KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Latifah Prihandini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat intensitas membaca, hasil belajar IPS, dan pengaruh intensitas membaca terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD se-gugus II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-gugus II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-gugus II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 156 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 112 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Sebelum penelitian dilaksanakan, maka dilakukan terlebih dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data adalah statistik inferensial yang dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan linearitas sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi sederhana. Tingkat intensitas membaca siswa termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 71,4%. Sedangkan tingkat hasil belajar IPS siswa termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 70,5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intensitas membaca terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD se-gugus II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Hal tersebut ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 1,930 + 0,422X. Sedangkan koefisien determinan (R2) sebesar 0,637 yang berarti bahwa faktor intensitas membaca memberikan kontribusi terhadap hasil belajar IPS sebesar 63,7% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci : intensitas membaca, hasil belajar IPS

Abstract

This research is aimed at determining the level of reading intensity, the result of social studies, and the influence of reading intensity toward the social studies learning outcomes among the fifth grade elementary school students of Pengasih subdistrict Kulon Progo cluster II school year 2014/2015. This research uses quantitative research. The subjects are the fifth grade of elementary school students of Pengasih subdistrict, Kulon Progo cluster II. The population is 156 students and the samples are 112 students. The methods of compiling data are questioner and tests. Instrument trial, consist of validity test and reliability test, is accomplished before carrying out the research. The technique of data analysis is inferential statistic which employs prerequisite analysis test and hypothesis test. Prerequisite analysis test consists of normality test and linearity test. Furthermore, hypothesis uses simple regression analysis. The students’s level of reading intensity included in the medium category with a percentage of 71.4%, while the student’s level of social studies learning outcomes included in the medium category with a percentage of 70.5%. Hypothesis test shows positive and significant influences about reading intensity toward the the social studies learning outcomes among fifth grade elementary school students of  Pengasih subdistrict Kulon Progo cluster II. It is showed by the equation of regression Y = 1.930 + 0.422X. Beside, the coefficient of determinant (R2) in the amount of 0.637 which means that the factor of reading intensity gives contributions toward the social studies learning outcomes in the amount of 63.7% and the rest is influenced by other factors which is not being studied in this research.

Keywords: reading intensity, social studies learning outcomes.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.