IDENTIFIKASI HAMBATAN-HAMBATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS III A SEKOLAH INKLUSI SDN GIWANGAN YOGYAKARTA

Arfela Wahyuhastufi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hambatan-hambatan yang dialami guru dalam pembelajaran di kelas III A sekolah inklusi SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek guru kelas III A. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi teknik untuk memperoleh keabsahan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hal yang dapat menghambat pembelajaran di kelas inklusi yaitu dalam pengelolaan materi pelajaran karena guru harus memberikan materi yang berbeda untuk siswa normal maupun siswa berkebutuhan khusus, guru kurang memanfaatkan media untuk mendukung pembelajaran dan penerapan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Hambatan lain ialah adanya perbedaan intelegensi dari masing-masing siswa terutama karena adanya siswa berkebutuhan khusus, menghambat kelancaran penyampaian materi pelajaran. Guru merasa kesulitan untuk memberikan pemahaman kepada siswa maupun orang tua siswa bahwa siswa berkebutuhan khusus membutuhkan perhatian khusus dan kurangnya ketersediaan sarana prasarana pendukung pembelajaran.

Kata kunci:  identifikasi hambatan-hambatan guru dalam pembelajaran, sekolah inklusi

Abstract

This study aims to find barriers experienced by teachers in class III A school inclusion Giwangan SD Negeri Yogyakarta. This study used a qualitative approach to the subject classroom teachers III A. The collection of data carried out by observation, interview, and documentation. Researchers use triangulation techniques to obtain the validity of the data. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and conclusion. Based on the research results, it can be concluded that it can inhibit learning in the classroom is the inclusion in the management of the subject matter because teachers must provide different materials for normal students and students with special needs, teachers also less use of the media to support the learning and application of learning methods that are less varied. Another obstacle is the difference in intelligence of each student, especially of the students with special needs, hamper the smooth delivery of the subject matter. Teachers find it difficult to provide insight to students and parents that special students need special attention and from a lack of availability of supporting infrastructure.

Keywords: identification of barriers to learning teacher, school inclusion


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.