PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPS

Ana Tresia Anggraini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas IVB SD Negeri Gedongkiwo, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SD Negeri Gedongkiwo berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IVB dalam pembelajaran IPS di SD Negeri Gedongkiwo, Yogyakarta. Pada pra tindakan persentase kreativitas siswa 58% termasuk kategori kurang, oleh karena itu diterapkan metode mind mapping. Pada siklus I persentase kreativitas siswa meningkat menjadi 64% termasuk kategori cukup. Pada siklus II meningkat menjadi 81% termasuk dalam kategori baik. Kriteria keberhasilan sudah terpenuhi dan penelitian dihentikan.

Kata kunci: kreativitas siswa, metode mind mapping.

Abstract

This research aimed to improve students' creativity in teaching social studies using mind mapping in Class IVB Gedongkiwo Elementary School, Yogyakarta. This research was a classroom action research. The study design used the model Kemmis and Mc Taggart. Subjects were students in grade IVB Elementary School Gedongkiwo totaled 23 students. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation. Data were analyzed using descriptive qualitative and quantitative. The results showed that application of mind mapping methods can enhance students' creativity in learning social studies in  IVB class primary school Gedongkiwo, Yogyakarta. In the pre-action student creativity percentage 58% were less, therefore, applied a method of mind mapping. In the first cycle of students' creativity percentage increased to 64% were sufficient. In the second cycle increased to 81% was included in both categories. Success criteria had been met and the study was discontinued.

Keywords: students' creativity, mind mapping methods.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.