PENGARUH PERILAKU PROSOSIAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PENERIMAAN TEMAN SEBAYA

Priliana Handayani

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) pengaruh perilaku prososial terhadap penerimaan teman sebaya; 2)pengaruh kepercayaan diri terhadap penerimaan teman sebaya; dan 3) pengaruh perilaku prososial dankepercayaan diri terhadap penerimaan teman sebaya kelas V SD. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 172 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi sederhana dan regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa 1) perilaku prososial berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan teman sebaya, ditunjukkan oleh R = 0,468 dan p = 0,000 , 2) kepercayaan diri berpengaruh signifikan terhadap penerimaan teman sebaya ditunjukkan oleh R = 0,310 dan p = 0,000, 3) terdapat pengaruh perilaku prososial dan kepercayaan diri terhadap penerimaan teman sebaya siswa kelas V SD, ditunjukkan R = 0,703 dan p = 0,000 dengan sumbangan efektif perilaku prososial dan kepercayaan diri terhadap penerimaan teman sebaya sebesar 70,3%. Hal itu berarti masih ada sumbangan efektif sebesar 29,7% berasal dari faktor lain.
Kata kunci: perilaku prososial, kepercayaan diri, penerimaan teman sebaya


Abstract
The research aims at knowing: 1) the influence of prosocial behavior toward the peer acceptance; 2) the influence of self confidence toward the peer acceptance; and 3) the influence of prosocial behavior and self confidence toward the peer acceptance of grade V elementary school. The research used a quantitative method. The sample of this research were 172 students. The data collection used psychological scale. The instruments of this research used validity and reliability. The data analysis technique used simple regression and multiple regression. The research shows that: 1) the prosocial behavior can influence the peer acceptance significantly, it is proved by R = 0,468 and p = 0,000, 2) the self confidence can influence the peer acceptance significantly, it is proved by R = 0,310 and p = 0,000, 3) there is an influence of prosocial behavior and self confidence toward the peer acceptance for grade V elementary school, it is proved by R = 0,703 dan p = 0,000 with the effective contributions of prosocial behavior and self confidence toward the peer acceptance in amount of 70,3%. It means that there are effective contributions in amount of 29,7% come from the other factors.
Keywords: prosocial behavior, self confidence, peer acceptance


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.