PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW KELAS IV SDN JLABAN

dewi ratna pertiwi

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif
menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Jlaban Sentolo pada
semester genap tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Jlaban
Sentolo dengan jumlah 20 siswa. Objek penelitian yakni keterampilan berbicara siswa. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif
menggunaan deskriptif kualitatif dan secara kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Implementasi
model pembelajaran kooperatif jigsaw dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan
keterampilan berbicara siswa. Prosesnya meliputi: 1) membaca, 2) diskusi kelas pakar, 3) laporan
kelompok, 4) tes, dan 5) penghargaan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal tersebut
dibuktikan dengan meningkatnya rerata nilai pada pra siklus 42,70 dengan persentase ketuntasan sebesar
30%, siklus I 70,25 dengan persentase ketuntasan sebesar 60%, dan siklus II 82,15 dengan persentase
ketuntasan sebesar 85%.
Kata kunci: keterampilan berbicara, kooperatif jigsaw


Abstract
This research aims to improve the speaking skill tthrough implementation of jigsaw cooperative learning
model. This research was collaborative class action research using Kemmis and Mc Taggart model. The research
was done at SD N Jlaban Sentolo, even semester academic year 2015/2016. The research subjects were 20 students
grade IV SD N Jlaban Sentolo. The research object are students speaking skill. The data collecting were done by
test, observation, and documentation. The data were analyzed qualitactively using qualitative descriptive and
quantitatively using descriptive statistics. The implementation jigsaw cooperative learning model in Indonesian
learning can improve student speaking skill. The process include: 1) reading, 2) expert class discussion, 3) group
report, 4) test, and 5) group reward. The research result shows that implementation of jigsaw cooperative learning
model can improve student speaking skill. Those can be proved through increasing the value average at pre-cycle
42,70 with prosentage 30%, cycle I 70,25 with prosentage 60%, and cycle II 82,15 with prosentage 85%.
Keywords: speaking skills, jigsaw cooperative


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.