HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KAMPUNG RAMAH ANAK DAN MOTIVASI BELAJAR DI SDN BADRAN

Ajeng Ningtias Irianti Suwandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui tingkat persentase persepsi terhadap Kampung Ramah Anak
pada siswa kelas tinggi di SD Negeri Badran Yogyakarta, 2) mengetahui tingkat persentase motivasi belajar siswa
kelas tinggi di SD Negeri Badran Yogyakarta 3) mengetahui hubungan antara persepsi terhadap Kampung Ramah
Anak dan motivasi belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Badran Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif korelasional ex-post facto.Hasil penelitian ini menunjukkan 1) variabel persepsi terhadap Kampung
Ramah Anak menunjukan kategori sedang dengan nilai antara 19,82-25,3 sebesar 68,85 % yang didapat dari 42
siswa dari jumlah populasi sebanyak 62 siswa, 2) variabel motivasi belajar menunjukkan kategori sedang dengan
nilai antara 87,94-106,72 sebesar 70,49 % yang didapat dari 43 siswa dari jumlah populasi sebanyak 62 siswa, 3)
ada hubungan antara persepsi terhadap Kampung Ramah Anak dan motivasi belajar siswa kelas tinggi di SD
Negeri Badran. Hal tersebut didasarkan pada perolehan nilai koefisien korelasi sebesar 0,360 pada proposi
signifikansi 0,004 < 0,01 yang membuat Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini diartikan jika persepsi
terhadap Kampung Ramah Anak tinggi maka motivasi belajar juga tinggi, berlaku juga sebaliknya saat variabel
bernilai rendah.
Kata Kunci: persepsi,Kampung Ramah Anak, motivasi belajar, SD Negeri Badran Yogyakarta


Abstract
This research aims at 1) knowing the perseption precentage of Kampung Ramah Anak to high
grade students in SD Negeri Badran Yoyakarta, 2) knowing high grade students’ learning motivation
precentage in SD Negeri Badran Yoyakarta, 3) knowing the correlation between Kampung Ramah Anak
and high grade students’ learning motivation in SD Negeri Badran Yogyakarta.This research was expost
facto quantitative correlational. This research show that 1) the category of perseption variable to
Kampung Ramah Anak was medium and the score was 68,85 % from the range of 19,82-25,3 from 42
students of the population of 62 students, 2) the category of learning motivation variable was medium and
the score was 70,49% from the range of 87,94-106,72 from 43 students of the population of 62 students,
3) there was correlation between Kampung Ramah Anak and learning motivation of high grade students
in SD Negeri Badran. The conclusion based on the 0,360 score of correlation coefisien for the
significancy proportion of 0,004 < 0,01 that makes Ho is denied and Ha is accepted. The result of this
research can be also conclude that if perseption to Kampung Ramah Anak was high so it can becomes
vice versa when the score was low.
Keywords: perseption, Kampung Ramah Anak, learning motivation, SD Negeri Badran Yogyakarta


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.