PENERAPAN DISIPLIN MELALUI BUDAYA SEKOLAH PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI PUJOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA

Shofwatul Badi’ah,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan disiplin melalui budaya sekolah pada siswa kelas VA SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas VA, dan siswa kelas VA. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan disiplin melalui budaya sekolah pada siswa kelas VA dilaksanakan dengan cara: 1) menerapkan peraturan seperti berpakaian seragam sekolah yang bersih dan rapi serta hadir 15 menit sebelum pelajaran dimulai khusus petugas piket 30 menit sebelumnya, guna untuk menertibkan siswa; 2) kebiasaan-kebiasaan yang dilaksanakan di SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta, seperti kebiasaan baris berbaris sebelum masuk kelas, menyanyikan lagu-lagu nasional dan melaksanakan 3S (Senyum, Sapa, Salam) ketika berpapasan dengan guru atau orang lain; 3) hukuman untuk siswa kelas VA ketika melanggar peraturan diantaranya yaitu push up 10 kali dan bernyanyi di depan kelas; 4) sebaliknya, ketika siswa menaati peraturan seperti memakai seragam yang bersih dan rapi maka guru akan berkata “bagus”; 5) disamping itu, konsistensi dalam menerapkan disiplin terlihat ketika kepala sekolah dan guru kelas VA selalu tegas dalam mengambil sikap terhadap perilaku siswa kelas VA. 

Kata kunci: disiplin, budaya sekolah, siswa kelas VA.

Abstract

This research aimed to describe the application of the discipline through the culture of school to the students of VA class of SD Negeri Pujokusuman 1, Yogyakarta. This research used qualitative descriptive method. The subjects at this research were the principal, the teacher of VA, and the students of VA class. The data was collected using observation and interviews. This research used observation and interviews as the instruments. The data analyzed using data reduction, data presentation, and conclusion statement. The validity checking techniques used triangulation sources and triangulation techniques. The results showed that the application of discipline through the school culture in class VA is conducted by 1) applying rules such as dress uniforms were clean and tidy, and the student present 15 minutes before the lesson begins, a special officer on duty should come 30 minutes early in order to curb students, 2) the implementing habbits  in primary schools Pujokusuman 1 Yogyakarta, such as make a line before entering the classroom, singing national songs and implement 3S (Senyum, Sapa, Salam) when passed by a teacher or another students; 3) punishment for students when classes VA break the rules which are push-ups 10 times and sing in front of the class, 4) on the contrary, when students obey the rules such as wearing uniforms clean and tidy, the teacher would say "good", 5) in addition, consistency in discipline seen as the principal and VA classroom teacher always firmly in taking a stance against the behavior of students of class VA. 

Keywords: discipline, school culture, VAth grader


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.