PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MELALUI MEDIA TANGRAM

Risa Adilah Utami

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika kelas III semester genap melalui media tangram di SD Muhammadiyah Sidomulyo tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 17 siswa. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar matematika dalam materi unsur dan sifat bangun datar. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media tangram pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal itu terbukti pada pra siklus persentasenya 47,06%, pada siklus I meningkat menjadi 58,82% dan menjadi 94,12% pada siklus II.  Begitu juga hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 60% dan mengalami kenaikan menjadi 82,5% pada siklus II. 

Kata kunci: prestasi belajar matematika, tangram

Abstract

This research objective was to improve the mathematic learning achievement of grade III students in second semester through the use of tangram media at SD Muhammadiyah Sidomulyo in the academic year of 2015/2016. This research type was Class Action Research. The subject was grade III students total 17 students. The object of this research was mathematic learning achievement, especially about the elements and characters of two-dimensional shapes. The collecting data method was test and observation. The data analysis technique used quantitative descriptive and qualitative descriptive analytic technique. This research outcome showed that the use of tangram as media in mathematic learning could improve learning achievement students. It was proven by the percentage of pre-cycle that was 47,06% increased to 58,82% in cycle I and increased again to 94,12% in cycle II. It was also showed in student’s activities observation outcome that was 60% in cycle I, increased to 62,5% in cycle II.

Keywords: mathematic learning achievement, tangram


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.