PENGARUH KONSEP DIRI DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PERCAYA DIRI

Dwi Novitasari

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  1)  pengaruh  konsep  diri  terhadap  percaya  diri;  2)  pengaruh interaksi teman sebaya terhadap percaya diri; dan 3) pengaruh konsep diri dan interaksi teman sebaya terhadap percaya diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri se-Gugus I Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul berjumlah 283 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 149 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi yang diujicobakan  kepada  150  siswa.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  regresi  linear  ganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) konsep diri secara parsial berpengaruh signifikan terhadap percaya diri siswa dengan sumbangan sebesar 37,59%; 2) interaksi teman sebaya secara parsial berpengaruh signifikan terhadap percaya diri siswa dengan sumbangan sebesar 18,61%; dan 3) konsep  diri dan interaksi teman sebaya secara simultan berpengaruh terhadap percaya diri dengan sumbangan sebesar 56,2%.

Kata kunci: Konsep Diri, Interaksi Teman Sebaya, Percaya Diri

 

Abstract

The research aims to determine: 1) the effect of self-concept towards self-confidence, 2) the effect of peer interaction  towards  self-confidence,  and  3)  the  effect  self-concept  and  peer  interaction  towards  the  self- confidence. This study used a quantitative approach with an ex-post facto type. Population in this research were fifth grade students of elementary schools in cluster 1 Jetis district, Bantul regency which total of 238 students with sample of 149. Data were collected by using psychological scale were tested on 150 students. The testing of  hypothesis  used  multiple  linear  regression.  The  results  show  that  1)  self-concept  has  significant  effect partially towards self-confidence with contribution of 37,59%; 2) peer interaction has significant effect partially towards self-confidence with contribution of 18,61%; and 3) self-concept and peer interaction have significant effect simultaneously towards self-confidence with contribution of 56,2%.

Keywords: Self-Concept, Peer Interaction, Self-Confidence


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.