PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI KALIMENUR KECAMATAN SENTOLO

Yulinda Dwi Saputri

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran serta kendala yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring di SD Negeri Kalimenur Kecamatan Sentolo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring di SD Negeri Kalimenur yaitu: 1) orang tua berperan sebagai guru di rumah, 2) orang tua berperan sebagai fasilitator, 3) orang tua berperan sebagai motivator, 4) orang tua berperan sebagai pengaruh. Kendala yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring di SD Negeri Kalimenur meliputi: 1) kurangnya pengetahuan orang tua terhadap materi anak, 2) perekonomian orang tua, 3) pekerjaan orang tua, 4) ketersediaan waktu dalam mendampingi belajar, 5)  kurangnya pengetahuan orang tua terhadap penggunaan teknologi. 

Kata kunci: Peran Orang Tua, Pembelajaran Daring, SD Negeri Kalimenur.

 

Abstract

This study aims to determine the role and obstacles faced by parents in online learning at SD Negeri Kalimenur, Sentolo District. This research is a qualitative descriptive study. The results showed that the role of parents in online learning at SD Negeri Kalimenur, namely: 1) parents act as teachers at home, 2) parents act as facilitators, 3) parents act as motivators, 4) parents act as influences. The obstacles faced by parents in online learning at SD Negeri Kalimenur include: 1) lack of parental understanding of children’s material, 2) the economy of the parents, 3) the work of the parents, 4) the availability of time to accompany learning, 5) lack of parential knowledge of the use of technology. 

Keywords: the role of parents, online learning, SD Negeri Kalimenur.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.