PENGEMBANGAN MEDIA GAME ONLINE PAMUSI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALPANGGUNG

Intan Maulida Quriana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dimulai dari permasalahan pembelajaran secara daring yang memerlukan media pembelajaran untuk memotivasi siswa dan meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses  pengembangan  media  game  online  PAMUSI  dan  mengetahui  kelayakan  media  Game  Online  PAMUSI dalam  pembelajaran  matematika  materi  FPB  dan  KPK  di  kelas  IV  SD  N  Tegalpanggung.  Jenis  penelitian  yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahap pada  penelitian  ini  meliputi  analysis,  design,  development,  implementation,  dan  evaluation.  Teknik  pengumpulan data  yang  digunakan  oleh  peneliti  adalah  wawancara,  observasi,  dan  studi  pustaka.  Analisis  yang  digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil pengembangan media game online PAMUSI dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa secara daring melalui proses validasi. Hasil validasi materi mendapatkan skor  rata-rata  4,3  dengan  kategori  “sangat  baik”  dan  validasi  media  mendapatkan  skor  rata-rata  4,95  dengan kategori  “sangat  baik”.  Uji  coba  lapangan  terbatas  mendapat  skor  rata-rata  2,86  dari  respon  siswa  menggunakan skala  tiga  acuan  rumus  N-Gain  dengan  kategori  “tinggi”  dan  skor  rata-rata  3,98  dari  respon  guru  dengan konversi skala empat dengan kategori “sangat baik”.

Kata kunci: Pengembangan Media, Game Online PAMUSI

 

Abstract

This  research  begins  with  online  learning  problems  that  require  learning  media  to  motivate  students  and increase  student  interest  in  learning.  The  purpose  of  this  study  was  to  determine  the  process  of  developing PAMUSI  online  game  media  and  to  determine  the  feasibility  of  PAMUSI  Online  Game  media  in  learning mathematics on FPB and KPK material in grade IV SD N Tegalpanggung. The type of research used is research and development (RnD) using the ADDIE development model. The stages in this research include analysis, design, development, implementation, and evaluation. The data collection technique used by researchers is interviews. The analysis  used  is  descriptive  qualitative  analysis.  The  results  of  the  development  of  PAMUSI  online  game  media were declared feasible to be used to increase student interest in  online learning through the validation  process. The  results  of  the  material  getting  an  average  score  of  4.3  in  the  "very  good"  category  and  media  validation getting an average  score  of  4.95  in  the  "very  good"  category.  The  limited  field  trial  got  an  average score of 2.86 from student responses using the three-reference scale of the N-Gain formula with the  "high"  category  and an  average  score  of  3.98  from  the  teacher's  response  with  a  scale  conversion  of  four  with  the  "very  good" category.

Keywords: Media Development, PAMUSI Online Game


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.