PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL

Emi Listiana

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  proses  pembelajaran  keterampilan  membaca  permulaan melalui media audio visual pada siswa kelas IC SD N Pujokusuman 1 Yogyakarta. Jenis penelitian tindakan kelas mengacu pada model Hopkims. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IC SD N Pujokusuman 1 Yogyakarta yang berjumlah  28  siswa.  Teknik  pengumpulan  data  dengan  menggunakan  observasi  dan  tes.  Teknik  analisis  data menggunakan  teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui  media  audio  visual  dalam  pembelajaran  dapat  meningkatkan  keterampilan  membaca  permulaan berdasarkan indikator keterampilan membaca permulaan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari pencapaian siswa yang mencapai indikator keterampilan membaca permulaan dan kriteria keberhasilan penelitian. Rerata nilai dalam membaca permulaan yaitu dari observasi awal 66,64 menjadi 69,86 pada siklus I dan meningkat menjadi 77,6 pada siklus  II.  Simpulan  penelitian  ini  adalah  melalui  media  audio  visual  dalam  pembelajaran  membaca  permulaan dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan.

Kata kunci: Keterampilan Membaca Permulaan, Media Audio Visual

 

Abstract


This study aims to improve the learning process of pre-reading through audio visual media through audio- visual media for IC class students of Pujokusuman 1 elementary school Yogyakarta. This type of classroom action research  refers  to  the  Hopkims  model.  The  subjects  of  this  study  were  28  students  of  IC  class  Pujokusuman  1 elementary  school  Yogyakarta.  Data  collection  techniques  using  observation  and  tests.  The  data  analysis technique  uses  descriptive  qualitative  analysis  techniques  and  quantitative  descriptive.  The  results  showed  that through  audio-visual  media  in  learning  can  improve  pre-reading  skills  based  on  the  indicators  of  pre-reading skills.  This  increase  can  be  seen  from  the  achievement  of  students  who  accomplished  the  pre-reading  skill indicators  and  the  requirement  of  a  success  research.  The  mean  value  in  pre-reading  skills  from  the  initial observation of 66.64 to 69.86 at the first cycle and increasing to 77.6 at the second cycle. The conclusion of this research is that pre-reading skills can be improved by applying audio-visual media in the teaching process.

Keywords: Pre-Reading Skills, Audio-Visual Media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.