PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VB MIN 1 BANTUL

Yudianto Anggoro Putro

Abstract


Abstrak


Tujuan  penelitian  ini  adalah  meningkatan  proses  dan  hasil  pada  pembelajaran  keterampilan menyimak cerita sejarah menggunakan media audiovisual siswa kelas VB MIN 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi penelitian ialah siswa kelas VB MIN 1 Bantul sebanyak 27 siswa, serta waktu penelitian dari bulan Januari Februari 2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian dilakukan secara bertahap. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa  kemampuan  menyimak  cerita  sejarah  dari  siswa  kelas  V  mengalami peningkatan  setelah  proses  pembelajarannya  menggunakan  media  audio  visual.  Hal  ini  diperkuat temuan  lain  dalam  riset  ini  bahwa  jumlah  peserta  didik  yang  mampu  memenuhi  KKM  pada  saat pratindakan/ kondisi hanya 5 siswa dari 27 (18,5%). Kemudian siklus I meningkat menjadi 15,33 dari 27 siswa yang merupakan rata-rata pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 3 yang memenuhi KKM atau meningkat sebesar 56,76%. Selanjutnya pada siklus II peserta didik yang memenuhi KKM juga mengalami peningkatan sebesar 95,06%.

Kata Kunci: keterampilan, menyimak, media, video audiovisual

 

Abstract


The purpose of this study was to improve the process and learning outcomes of listening to historical stories using audiovisual media for students of class VB MIN 1 Bantul. This research used classroom action research (PTK). The study population was 27 students of class VB MIN 1 Bantul, and  the  research  time  was  from  January  February  2020.  The  data  analysis  technique  used  was descriptive analysis. The research was carried out in stages. The results showed that the ability to listen to the history of the fifth grade students increased after the learning process using audio visual media. It was found in this study that the number of students who were able to reach the KKM during the pre-action / initial conditions was only 5 students out of 27 (18.5%). Then in the first cycle it increased to 15.33 from 27 students, which was an average meeting of 1 to 3 reached the KKM or an increase of 56.76%. Furthermore, in the second cycle students who reached the KKM also increased to 95.06%.

Keywords: skills, listened, media, audiovisual video


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.