PENGEMBANGAN TES PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN SD KELAS IV

Novianna Mar’atush Shalihah

Abstract


Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tes prestasi belajar pada mata pelajaran PPKn yang memenuhi kriteria  validitas  isi,  indeks  daya  beda,  tingkat  kesukaran  soal,  efektivitas  pengecoh,  dan  reliabilitas.  Metode penelitian pengembangan yang digunakan berpedoman pada metode pengembangan Djemari Mardapi, terdiri dari tujuh  langkah  dan  dua  tahap,  yaitu  tahap  perancangan  dan  tahap  uji  coba.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa pada  tahap  perancangan  menghasilkan  kisi-kisi  tes  dan  instrumen  tes  tipe  objektif  bentuk  pilihan  ganda  yang disusun berdasar taksonomi Anderson & Krathwohl. Telaah para ahli menghasilkan koefisien validitas isi dengan nilai  Aiken’V  0,83-1,00.  Tahap  uji  coba  menghasilkan  15  butir  yang  memiliki  IDB  0,25–0,57  berdasar  formula Korelasi  Point  Biserial  dengan  tingkat  kesukaran  mudah  dan  sedang.  Tes  ini  telah  diketahui  efektivitas pengecohnya  yang  dikategorikan  sebagai  pengecoh  yang  diterima  atau  ditolak  dan  memiliki  reliabilitas  dengan nilai KR-20 sebesar 0,95. Tes prestasi belajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas isi baik, indek daya beda, tingkat kesukaran soal, efektivitas pengecoh, dan reliabilitas. 

Kata kunci: tes prestasi belajar, mata pelajaran PPKn 

 

Abstract 

This  study  aims to  develop  civic  education  achievement  test that  fulfills  the  validity,  discrimination  power, difficulty level, distractor effectiveness, and reliability index. The test  development method is conducted following Djemari Mardapi’s study which involves seven steps and two stages (design stage and trial). As a result, the design stage  produces  a  test  specification  and  objective  testing  instrument  with  40  multiple  choice  items  based  on Anderson  &  Krathwohl  taxonomy  level.  Experts’  review  shows  content  validity  coefficient  of  0.83  –  1.00  with Aiken’V.  The trial stage shows 15 items based on  Point-Biserial Correlation  with discrimination power between 0.25  –  0.57  (properly  functioned)  and  based  on  level  of  difficulty  with  low  and  moderate.  The  distractor effectiveness level is estimated and categorized as accepted or rejected. Meanwhile, a reliability index estimation using KR-20 formula results in a score of 0.95 (reliable). To sum up, this achievement test has fulfilled the criteria for good content validity, discrimination difficulty level, distractor effectiveness, and reliability index. 

Keywords: achievement test, civic education 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.