PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOX ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG UNTUK SISWA SD KELAS TINGGI

Fatimah Dwi Utari

Abstract


Abstrak 


Tujuan  penelitian  ini  adalah  menghasilkan  media  pembelajaran  Pop  Up  Box  Ular  Tangga  yang  layak digunakan pada mata pelajaran matematika khususnya materi bangun datar dan bangun ruang untuk siswa SD kelas tinggi.  Metode  penelitian  ini  adalah  Research  and  Development  model  Borg&Gall  yang  telah  diadaptasi  oleh Sugiyono.  Prosedur  penelitian  hanya  melalui  tujuh  tahap,  yaitu  potensi  dan  masalah,  pengumpulan  data,  desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, serta revisi produk. Validasi desain dilakukan oleh ahli materi dan  ahli  media.  Subjek  uji  coba  produk  adalah  5  siswa  kelas  V  dan  4  orang  guru.  Teknik  pengumpulan  data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Pop Up Box Ular Tangga pada materi  pembelajaran  bangun  datar  dan  bangun  ruang  untuk  siswa  SD  kelas  tinggi  sudah  dikatakan  layak  yang dibuktikan  dari  hasil  validasi  ahli  materi  menunjukkan  kategori  sangat  baik  (3,55),  hasil  validasi  ahli  media menunjukkan kategori baik (3,14), hasil uji coba produk tanggapan siswa menunjukkan kategori sangat baik (3,55), dan hasil uji coba produk tanggapan guru menunjukkan kategori sangat baik (3,78). 

Kata kunci: pengembangan media, pop up box ular tangga, bangun datar, bangun ruang  

 

Abstract   

The aim of this research is to produce learning media of Pop Up Box Snakes and Ladders which is suitable for use in mathematics subjects, especially material for plane geometry and solid geometry for high grade elementary school students. This research method is the Research and Development model of Borg & Gall which has been adapted by Sugiyono. The research procedure only went through seven stages, namely potentials and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, product revision. Design validation is carried out by material experts and media experts. The subjects of the product trial were 5 grade V students and 4 teachers. Data collection techniques using questionnaires, interviews, observation, and documentation. The data analysis technique used is descriptive quantitative statistical analysis techniques. The results of this study indicate that themedia Snakes and Ladders Pop Up Box in learning materials for high-grade elementary school students and high-grade elementary school  students  are  said  to  be  feasible  as  evidenced  by  the  results  of  the  material  expert's  validation  shows  the category  is  very  good  (3.55).  good  (3.14),  the  results  of  the  student  response  product  trial  showed  a  very  good category (3.55), and the results of the teacher's response product trial showed very good category (3.78). 

Keywords: media development, Pop Up Box of Snakes and ladders, plane geometry, solid geometry  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.