MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Putri Latifatun Nadhifah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan dari produk Multimedia pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk materi peredaran darah manusia dalam pembelajaran tematik kelas 5 tema 4 subtema 1. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis android yang dikembangkan dapat dikatakan layak. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi yang termasuk dalam kategori sangat layak (100%), validasi ahli media yang termasuk dalam kategori sangat layak (100%) dan hasil ujicoba implementasi terhadap kelompok kecil mendapat kategori sangat layak (96,44%) dan tingkat kemudahan 97,62%.

Kata kunci: multimedia interaktif, android, peredaran darah manusia

 

Abstract

This research amis to produce and test the feasibility of  a product Multimedia Based-on Android for material human blood circulation system in 4th theme, 1st subtheme. This research was a Research and Development with ADDIE. The technique used for collecting data in this research was questionnaire. The data analysis used a quantitative descriptive analysis technique. The results of this research indicated that the interactive multimedia based-on android was feasible to be used. It was proved by the validation results of the material experts include in the very feasible categories (100%), the validation result of media experts include in the very feasible categories (100%) and, the result of main field testing included in the very feasible categories (96,44%) and the easiness level of 97,62%.

Keywords: Interactive Multimedia, Android,Human Blood circulation system

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.