MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENINGGALAN SEJARAH INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA RODA JELAJAH

Cahyati Indah Sari

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  pada  materi  peninggalan  sejarah  Indonesia menggunakan media roda jelajah pada kelas IV SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan model Kemmis and Mc. Taggart dan dilakukan sebanyak satu siklus.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa media roda jelajah dapat meningkatkan hasil belajar materi peninggalan sejarah Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta. Peningkatan persentase ketuntasan pada pratindakan-siklus I yaitu sebesar 36,36%. 

Kata kunci: roda jelajah Indonesia, IPS

 

Abstract

This study aims at improving of the learning achievement of Indonesian historical treasure study with Roda Jelajah  at  4th  grade  of  Bangunrejo  2  Yogyakarta  elementary  school.  This  research  used  the  Kemmis  and  Mc Taggart model. This research  was conducted by one cycle. The  finding of the study show  that Roda Jelajah  can improve  the  result  of  Indonesian  historical  treasure  study  at  4th  grade  of  Bangunrejo  2  Yogyakarta  elementary school. The improving percentage from preaction until first action was 36,36%. 

Keywords: roda jelajah Indonesia, IPS  

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.