PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO AKSARA JAWA UNTUK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI BERBAH 2

Wening Niki Yuntari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RnD) yang bertujuan untuk mengembangkan media ludo aksara Jawa untuk siswa SD kelas IV. Analisis kebutuhan diperoleh dari studi pendahuluan berupa observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa siswa merasa kesulitan untuk mempelajari aksara Jawa, sehingga guru membutuhkan media untuk menjelaskan materi tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi, ahli media, dan siswa (uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, dan uji coba lapangan operasional) diperoleh bahwa media layak digunakan sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan aksara Jawa untuk kelas IV sekolah dasar.

Kata kunci: ludo aksara Jawa, aksara Jawa, kelas IV

 

Abstract

The aims of this research  and development is to producing a learning media product. The product was a  ludo aksara Jawa that could be used for the lessons for fourth grader elementary school students. Analysis of necessity came from the result of preliminary study in the form of observations and interviews which showed that the students found difficulties to learned Javanese script and the teacher needed the media to explain the material of Javanese script. The data sources were collected from interview, observations, and questionnaire. The data analysis technique used quantitative-descriptive statistic. This product can be used as learning media on the subject of Javanese script for the fourth grade of elementary school based on the validation result of the validation from material experts, media experts, and students (initial flield trials, main field trials, and operational field trials).

Keywords: Javanese script ludo, Javanese script, fourth grader

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.