UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN

Aditya Pratama

Abstract


Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media kantong bilangan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I di SD Negeri I Karangsari, Pengasih, Kulon Progo yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media kantong bilangan pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I. Berdasarkan kegiatan tindakan siklus I terjadi peningkatan, 55,56% dan siklus II meningkat 85,19%. Nilai rata-rata hasil belajar dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 62,94 menjadi 82,96.

Kata kunci : hasil belajar matematika, media kantong bilangan

 

Abstract

The study aims to improve the students learning achievement in mathematics by using learning media of number pockets. This Research used the Kemmis and McTaggart classroom action research model. The subject of this research were 1st grade students of Karangsari Elementary School in Kulon Progo regency, which amounted to 27 students. Collection techniques were conducted by observation, tests, and documentation. The data were analyzed by quantatively and qualitatively methods. The result shown that the media could be compared to the learning achievement of 1st grade students of Karangsari Elementary School. Based on the activity of cycle I increased, 55,56% and cycle II increased by 85,19%. The average of studies on learning achievement in cycle I and cycle II increased from 62,94 to 82,96.

Keywords: Mathematical Learning Results, Number Pockets Media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.