PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS 4 SD MENGGUNAKAN MIND MAP

Laila Jannatin Husna

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek melalui penggunaan mind map pada siswa kelas IV SD Negeri Ngasem. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskripstif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 4 SD Negeri Ngasem yang berjumlah  25  siswa.  Teknik pengumpulan  data  menggunakan  tes  dan  observasi.  Intrumen penelitian menggunakan  lembar  observasi  dan  tes  menulis cerita  pendek.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa penggunaan mind map dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis cerita pendek. Hasil peningkatan keterampilan menulis cerita pendek ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa. Siklus I sebesar 70,36, dan siklus II sebesar 73,48. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada saat observasi sebesar 24%, siklus I sebesar 32% dan siklus II sebesar 80%.

Kata kunci: keterampilan menulis cerita pendek

 

Abstract

This research aims to improve 4th grade students’ of SDN Ngasem skills of writing short story by using mind map. The data analysis techniques used quantitative and qualitative descriptive analysis metodh. The subject of this research were 25 students of 4th grade class of SDN Ngasem. The data collection techniques were observation and test. The data instruments were observation sheets and short story writing tests. The results showed that the use of mind map can improve students’ short story writing skillss. The improvement of short story writing skills are shown by the increasing of students’ avarage score. The cycle I is 70, 36 and the cycle II is 73, 48. Total number of the students whose score were complete on the observation is 24%, 32% on cycle I and 80% on cycle II.

Key words: short story writing skill


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.