UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENDEKATAN PROSES MENULIS

Pertiwi Pranoto

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  pembelajaran  menulis  karangan  narasi melalui  pendekatan  proses  menulis  siswa  kelas  III  SD  Negeri  Bendosari.  Jenis  penelitian  ini  adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III SD Negeri Bendosari yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,  tes,  dan  dokumentasi.  Instrumen  penelitian  menggunakan  lembar  wawancara,  soal  tes menulis,  dan  lembar  observasi.  Teknik  analisis  data  menggunakan  analisis  deskripstif  kualitatif  dan deskriptif  kuantitatif.  Indikator  keberhasilan  menulis  karangan  narasi  adalah  75%  dari  jumlah  siswa yang  mencapai  nilai  ≥75.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  penggunaan  pendekatan  proses menulis  dengan  langkah-langkah  yang  meliputi:  a)  pramenulis,  b)  membuat  draf,  c)  merevisi,  d) menyunting,  dan  e)  publikasi  dapat  meningkatkan  proses  dan  hasil.  Proses  pembelajaran  menulis karangan  narasi  pada  siklus  I  sebesar  60,14%  meningkat  pada  siklus  II  menjadi  83,98%.  Hasil  tes menulis karangan narasi sebesar 18,52% dengan nilai rata-rata sebesar 66,09. Pada siklus II meningkat menjadi sebesar 81,78% dengan nilai rata-rata sebesar 78,70.

Kata kunci: menulis karangan narasi, pendekatan proses menulis

 

Abstract

The  aim  of  this  research  is  to  improve  the  results  of  writing  narrative  learning    through writing process approach of 3th  grade students of Bendosari Elemtary School. This research belongs to Classroom Action Research with Kemmis and Mc Taggart model. The subjects of this research were 27  students  of  3th  grade  class  of  Bendosari  Elemtary  School.  The  data  collecting  techniques  were observation, interview, test, and documentation. The data instruments  were interview sheets, writing tests,  and  observation  sheets.  The  data  analysis  techniques  used  quantitative  and  qualitative descriptive analysis method. The indicator of the process’ success is 75% of all students. The result of this  research  shows  that  the  employment  of  writing  process  approach  with  steps  including:  a)  pre writing, b) drafting, c) revising, d) editing, and e) publishing can improve the process and the results of writing narrative learning. The process of writing narrative learning in the 1st  cycle is 60,14%. It becomes 83,98% in the 2nd cycle. The result of narrative writing test in the 1st cycle is 18,52% with average 66,09. It becomes 81,78% with average 78,70 in the 2nd cycle.

Keywords:writing narrative , writing process approach


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.