IDENTIFIKASI TANGGUNG JAWAB SISWA TUNADAKSA DI KELAS IV A SD NEGERI PANGGANG

Rizki Sekti Immara

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggung jawab siswa tunadaksa di kelas IV A SD Negeri Panggang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A yang mengalami tunadaksa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tanggung jawab terhadap diri sendiri yaitu menyelesaikan tugas tepat waktu, belajar dengan bersungguh-sungguh, berkata dan berperilaku jujur, dan menjaga barang-barang miliknya dengan baik belum nampak; (2)Tanggung jawab terhadap masyarakat yaitu berbicara dengan santun, menjaga kerukunan dengan teman, meminta maaf atas kesalahan dan memaafkan kesalahan orang lain, melaksanakan piket, dan hadir tepat waktu belum nampak. Tanggung jawab terhadap masyarakat yaitu menerima dan menjalankan sanksi atas kesalahan dan memakai seragam sesuai aturan sudah nampak. (3) Tanggung jawab terhadap Tuhan yaitu melaksanakan sholat dan melaksanakan TPQ kurang nampak.

Kata kunci: tanggung jawab,tunadaksa 

 

Abstract

This research aims at describing the responsiblities of physically disabled student in class IV A at Panggang Elementary School. This research design was descriptive qualitative research. The research’s subjects was one of the class IV A students (S) who had disable. Data collection techniques used observation, interviews and documentation. Data analysis techniques used data reduction, data presentation, and conclusion.  Data validity used triangulation source and techniques. The results show that: (1) Responsibility of herself that included complete the task on time, study seriously, say and behave honestly, and keep her belongings properly, not yet seen. (2) Responsibility of society that included speak politely, maintain harmony with friends, apologize and forgive, carry out pickets, and coming on time, are not yet seen. Then responsibility of society thats are accept and implement sanctions, use uniform right has already visible. (3)Responsibility of God that included praying and carry out TPQ has less visible.

Keyword: responsibility, physically disabled

 



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.