PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK)

Anjar Kusumastuti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan metode SAS pada siswa kelas I SD Negeri Kaligintung Temon Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan bentuk guru sebagai peneliti yang dilakukan sebanyak dua siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas I yang berjumlah 15 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data menggunakan  lembar observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam  penelitian ini adalah skor  rata-rata kelas dalam keterampilan membaca permulaan mencapai 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SAS dengan bimbingan individual, gambar, dan potongan kata meningkatkan keterampilan membaca permulaan. Keterampilan membaca permulaan pada pratindakan sebesar 63,59, pada siklus I meningkat menjadi 68,24, dan pada siklus II meningkat menjadi 88,48.

Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, metode SAS

 

Abstract

This research aims at improving early reading skill by using the SAS method. This type of research was classroom action research with the form of a teacher as a researcher conducted in two cycles. Research design used Kemmis and Mc. Taggart model. Research subject were first grade student which amounts to 15 students. Research object is early reading skill. Data collection instrument using observation sheet and documentation. Data analysis technique used qualitative descriptive and quantitative analysis. The success of indicator in this research were class average score in early reading skills reaches 75. The result of this research shows that use of the SAS method with individual guidance, picture, and pieces of word improves early reading skill. Early reding skill in pre-action amounts to 63.59, in first cycle increase to 68.24, and in second cycle increase to 88.48.

Keywords: early reading skills, the SAS method


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.