MEDIA FLANNEL BOARD PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BAGI SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Kiki Yuningsih

Abstract


Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media Flannel Board yang layak digunakan dalam pembelajaran tematik integratif untuk siswa kelas I SD Negeri Kepek, Pengasih, Kulon Progo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode pengembangan Borg and Gall. Penelitian pengembangan ini melalui lima tahap pengembangan, adapun kelima langkah tersebut yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba terbatas, dan revisi uji coba terbatas. Subjek uji coba terbatas adalah 6 orang siswa kelas I di SD Negeri Kepek Kecamatan Pengasih. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, penilaian media bagi ahli media dan materi, angket respon guru, dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa media Flannel Board yang dikembangkan sudah dikatakan layak sebagai media pembelajaran tematik integratif. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa materi yang digunakan sesuai dengan kompetensi dasar yang ada. Validasi media menunjukkan bahwa media sudah sesuai dengan kriteria media papan visual. Kelayakan tersebut juga dapat dilihat berdasarkan: 1) hasil penilaian ahli materi sebesar 3,5 (baik), 2) hasil penilaian ahli media sebesar 4,47 (sangat baik), 3) angket respon guru sebesar 4,7, dan 4) angket respon siswa sebesar 95%.

Kata kunci: media, Flannel Board, tematik integratif


Abstract

The research and development aimed to produce Flannel Board which was worthy in integrative thematic learning for 1st grade of elementary school negeri Kepek, Pengasih, kulon Progo. The type of research is research and development (R&D) adapted from Borg and Gall model. The research and development applied five steps, the steps were research and information collecting, planning, developing a preliminary form of product, limited field trial, and product revision. The limited field trial subjects were 6 students 1st grades of the elementary school at Kepek Kecamatan Pengasih. Data collection techniques used observation, interview, storing media rating scale for media expert and material expert, teacher response questionnaires, and student response questionnaires. Data analysis techniques used descriptive analysis. The result showed that Flannel Board media that were developed were feasible for integrative thematic learning. That was proved by the validation result of material expert showed the material used appropriately to the basic competence. The result of media expert showed that the media already appropriate with visual board media. Feasibility was seen based on 1) the result of the material expert assessment is 3,5 (good), 2) ) the result of the media expert assessment is 4,47 (very good), 3) the teacher response questionnaire assessment is 4,7, and 4) the student response questionnaire assessment is 95%.

Keywords : media, Flannel Board, integrative thematic


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.