PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MEMANAATKAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR PADA SISWA KELAS VI

Tatag Prihantini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas VI SD Negeri 03 Jagoi Kindau. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah 7 siswa kelas VI SDNegeri 03 Jagoi Kindau. Objek dari penelitian ini adalah hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, instrumen penelitian dan soal tes untuk mengukur hasil belajar IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan alam sekitar dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas VI SDNegeri 03 Jagoi Kindau. Pada pra siklus, rata-rata nilai hasil belajar siswa 58,57 (kategori kurang). Pada siklus I terjadi peningkatan hasil ditunjukkan dengan rata-rata nilai hasil belajar meningkat menjadi 63,57 (kategori kurang) Pada sisklus II jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat dengan rata-rata nilai hasil belajar 75 (kategori baik).

Kata kunci: Sumber belajar, Hasil belajar IPA, Lingkungan sekitar

 

Abstract

This study aims at improving the science learning outcomes for sixth grade student at Jagoi Kindau 03 Elementary School.  This research was a classroom action research. The research design referred to Kemmis and Mc Taggart’s. The research subjects were sixth grade student at Jagoi Kindau 03 Elementary School in amount of 7 students. The research object was science learning outcomes. The data collection technique used tests, observations, research instrument, and test items to measure science learning outcomes. Data analysis technique used quantitative descriptive. The results of this study indicated that utilizing the surrounding environment can improve science the learning outcomes of class VI science in Jagoi Kindau 03 Elementary School. In the pre-cycle,  the average value of student learning outcomes was 58.57(less categories). In the first cycle there was an increase in results indicated by the average value of learning outcomes increased to 63.57 (less category) on the secon cycle the number of students who achieved KKM increased with an average score of 75(good category). 

Keywords : Learning resource, Learnng outcomes, Natural environment


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.