PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN METODE SQ3R PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Rizky Lestari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Mulo II. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini yaitu 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskritif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Mulo II. Peningkatan hasil ditunjukkan dari pencapaian nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 66,10 menjadi 74,76 pada siklus I, dan meningkat menjadi 79,24 pada siklus II . Tingkatan pencapaian ketuntasan siswa pada pra siklus sebesar 20% meningkat menjadi 57% pada siklus I, dan mencapai 91% pada siklus II.

Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, metode SQ3R.


Abstract

This research aims at improving the results of students’ reading comprehension skills of fifth grade students at SDN Mulo II. This type was classroom action research (CAR) using the Kemmis and Mc. Taggart model. The subjects were fifth grade students of elementary school which amounted to 35 students. Data collection techniques used tests, observation, field notes, and documentation. The analysis data technique used quantitative and qualitative descriptive. The results of this research shows that using SQ3R method can improve the results of students’ reading comprehension skills in fifth grade students. It can be seen from the average value of pre-cycle, first cycle, second cycle in a row are 66.10, 74.76, 79.24 in the second cycle. The result of the research also indicates that percentage of students who have passed the reading comprehension mean score also increase from 20% to 57% in the first cycle, and 91% in the second cycle.

Keywords: reading comprehension skills, SQ3R method.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.