PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN PADA SISWA KELAS IV

Okti Sahwanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk multimedia interaktif yang layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman materi siklus hidup hewan pada siswa kelas IV di SD N Kepek; 2) Mengetahui pemahaman materi siklus hidup hewan pada siswa kelas IV SD N Kepek setelah menggunakan multimedia interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket uji kelayakan ahli media, angket uji kelayakan ahli materi, angket uji kelayakan pengguna, dan uji efektifitas media dengan soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa menurut: (1) ahli media mendapatkan skor rata-rata 4 (baik); (2) ahli materi mendapatkan skor rata-rata 3,6 (baik); hasil uji coba lapangan: (1) awal oleh guru mendapatkan skor rata-rata 4,89 (sangat baik); (2) awal mendapatkan skor rata-rata 4,5(sangat baik); (3) utama mendapatkan skor rata-rata 4,09 (baik); (4) operasional mendapatkan skor rata-rata 4,53 (sangat baik); dan (5) multimedia interaktif sistem peredaran darah efektif meningkatkan nilai rata-rata siswa sebesar 11,07.

Kata kunci: multimedia interaktif, pembelajaran IPA, siklus hidup hewan


Abstract

This research aims at: 1) producting interactive multimedia that are worthy for being used to improve fourth grade student’s understanding of animal life cycle at Kepek Elementary School; 2) knowing the understanding of animal life cycle material of fourth grade students of Kepek Elementary School after using interactive multimedia. This research was a research and development that used Borg and Gall’s model. Interactive multimedia validated by media expert and content expert before tested by students. The instruments that used to collect data were the validation of media expert, the validation of content expert, the validation from users, and test of multimedia effectiveness with evaluation test. The result of this research showed the validity of interactive multimedia according to : (1) media expert got an average score 4(good); (2) content expert got an average score 3.6 (good). Field testing get an average score : (1) 4,89(very good) for Preliminary Field Testing according to the teacher; (2) 4,5 (very good) for Preliminary Field Testing (3) 4,09 (good) for Main Field Testing; (4) 4,53(very good) for Operational Field Testing (5) interactive multimedia animal life cycle effectively increased the average of student value in the amount of 11.07.

Keywords : interactive multimedia, science learning, animal life cycle.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.